Aku (Bahagia) Memilih Islam

Judul Buku: Menggenggam Bara Islam

Penulis: Abay Abu Hamzah

Penerbit: Anomali

Tahun Terbit: Cetakan I, 2013

Tebal: 203 Halaman

Sumber Gambar: FP Penerbit Anomali
Sumber Gambar: FP Penerbit Anomali

Mengapa kita beragama Islam?

Jika pertanyaan ini tiba-tiba disodorkan pada kita, apa yang akan kita jawab? Benarkah kita memilih Islam karena paham mengapa kita Islam atau hanya karena sekadar keturunan? Karena kedua orang tua islam?

Bangunan yang kokoh adalah karena memiliki pondasi yang kokoh pula. Mustahil gedung bertingkat memiliki fundamen yang seadanya. Jikalau iya, pastilah tak bertahan lama karena diterjang angin “biasa” bangunan tersebut akan runtuh.

Dalam buku ini, kita akan menjumpai kisah-kisah penuh makna tentang keislaman seseorang di zaman nabi dan sahabat. Betapa Islam takhanya sekadar simbol dan identitas belaka, namun benar-benar dijalankan dari hati dan penuh keikhlasan oleh para pendahulu kita. Mereka tahu mengapa mereka memilih dan melakukannya.

Dalam buku ini dijelaskan pula secara implisit bahwa salah satu bentuk/ciri bahwa seseorang ber-Islam dengan baik adalah melalui cerminan sikapnya. Adalah Baginda Rasulullah yang tentunya kita jadikan teladan. Bagaimana beliau dengan sikapnya yang begitu lembut, namun tegas dan berprinsip. Penuh kasih sayang dan welas asih, namun berwibawa dan disegani “musuh”. Dan, sikap-sikap teladan dari beliau (lainnya) yang dijelaskan melalui contoh (kisah) dalam buku ini.

Ketika seseorang begitu yakin dengan apa yang ia percaya, ia tak akan berbuat semaunya. Di mana pun ia berada, ia akan percaya diri dengan identitasnya.

Bagi yang ingin mengetahui lebih banyak tentang agama yang membawa misi kedamaian ini, buku sederhana dengan bahasa “membumi” ini bisa dijadikan “pintu masuk” sebelum membaca buku-buku “berat” lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*