Hal-Hal Sederhana yang Menginspirasi

Judul Buku: Badai Inspirasi

Penulis: Abay Abu Hamzah

Penerbit: Anomali

Tahun Terbit: Cetakan I, 2013

Tebal: 140 Halaman

Inspirasi bisa datang dari mana saja dan siapa saja. Inspirasi, bahkan bisa datang dari hal-hal yang takkita suka. Jangan pernah meremahkan hal-hal kecil karena uang satu juta takakan bisa dibilang satu juta jika kurang seratus rupiah saja. Seribu langkah selalu diawali dari satu langkah. Pun dengan hal-hal yang terlihat besar dan kokoh lainnya, pastilah semuany diawali dari hal-hal yang kecil.

Mungkin, itulah hal-hal yang ingin penulis bagi dalam buku ini. Tentang pelajaran kehidupan yang berasal dari hal-hal yang kadang luput dari pandangan mata.

Buku yang bisa kita nikmati sambil minum teh di sore hari ini berisi kisah-kisah sederhana, namun mampu memberikan efek yang tak “biasa”.

Saya mengambil salah satu contoh saja, tentang sekolah numpang duduk. Kita sekolah, hadir di sana, namun tak dianggap. Kita takbisa mengikuti ujian dan tak mendapat laporan hasil belajar kita. Mengapa? Karena kita tak dianggap sebagai siswa. Jika kita bukan siswa, lalu mengapa ikut ujian.

Analog tersebut sangat menohok ketika kita hubungkan dengan ujian yang sedang kita hadapi di dunia. Jika kita mau berpikir positif, sesungguhnya ujian adalah salah satu bentuk komunikasi Tuhan pada umat-Nya. Adanya ujian karena kita masih dianggap sebagai makhluk-Nya. Karena Tuhan masih begitu peduli dengan kita. Bila pun ujian datang dengan maksud “menampar” dan mengajarkan kita atas sikap “kurang ajar” kita di masa lalu, seharusnya kita tetap bersyukur karena itu artinya Sang Pencipta masih sangat peduli dan tak membiarkan kita terus-terusan tersesat. Bila pun ujian datang sebagai salah satu bentuk pembelajaran mental kita agar menjadi lebih kuat, seharusnya kita bahagia karena setelah ini kita akan mendapatkan hadiah berharga dari-Nya.

Masih banyak cerita-cerita sederhana yang inspiratif di buku ini yang mungkin akan sayang jika kita lewatkan. Ya, cerita sederhana dari hal-hal yang mungkin takpernah kita pikirkan, padahal berarti dan memengaruhi cara pandang kita terhadap kehidupan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*