“Kripik” Manis untuk Aktivis

Judul Buku: Benturan Aktivis

Penulis: Clash dan Rulla

Penerbit: Anomali

Jumlah Halaman: 96 Halaman

Tahun Terbit: Cetakan I, Oktober 2013

IMG_20140521_114348

Aktivis kok loyo? Bagaimana mungkin bisa mengubah orang-orang, mengubah dunia, dan mengubah peradaban jika diri sendiri tak bersemangat? Aktivitis, tapi kok kuliahnya ogah-ogahan.

Dan, segudang ucapan “kasih sayang” dari orang “awam”.

Tentunya, “jabatan” sebagai “aktivis” bukanlah untuk sekadar keren-kerenan semata. Ada tanggung jawab (berat) yang harus diemban di dalamnya. Seperti kata pepatah yang kurang lebih berbunyi jangan bermimpi bisa mengubah dunia jika mengubah diri sendiri saja tak bisa. Bukankah Roma tak dibangun hanya dalam waktu semalam?

Jika kamu adalah aktivis pemula atau ingin menjadi aktivis, buku ini mungkin bisa menjadi referensi bacaan. Jangan hanya semangat di awal, tapi kemudian loyo. Jangan hanya bahagia ketika orang-orang memuji, tapi bersikap sebaliknya ketika mulai menghadapi masalah.

Apa saja sih “penyakit-penyakit” yang kerap menghinggapi para aktivis yang notabene dianggap orang “suci” ini. Karena toh, aktivis tetap saja manusia yang pastinya tak luput dari kesalahan.

Bicara saja tanpa bukti, enggak mau dikritik, merasa diri/kelompoknya paling benar, kurang meng-update pengetahuan, adalah beberapa “penyakit” yang bisa/biasa “menyerang” para aktivis. Disamping, masih ada banyak “penyakit” lain yang patut diwaspadai.

Bukan untuk mendeskreditkan pihak tertentu, dalam hal ini aktivis, saya rasa buku ini ada, namun justru sebagai bentuk tanda “cinta” kepada para pengemban dakwah. Jangan sampai maksud dan tujuan mulia ternodai hanya karena “pengemasan” dan “penampakan” yang kurang atau tidak menyenangkan.

Walaupun saya sedikit kecewa karena penulisannya kurang rapi: enggak ada daftar isi dan masih ada kesalahan dalam penulisan EYD, namun buku yang takterlalu tebal ini cukup baik digunakan sebagai “pemanasan” oleh para aktivis sebelum mereka memulai misi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*