Lulusan SMP yang Sukses Menjadi Pengusaha Properti

Namanya Fauzi Saleh. Beliau adalah pengusaha perumahan mewah Pesona Depok dan Pesona Khayangan. Apakah Pak Fauzi lulusan universitas terkemuka di Indonesia atau mungkin di dunia? Apakah Pak Fauzi Saleh adalah orang kaya sebelumnya? Jawabannya tidak! Percaya atau tidak, Pak Fauzi hanyalah lulusan SMP.
Ketiadaan biaya memaksanya untuk tidak melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Sebagai lulusan SMP, Pak Fauzi bekerja serabutan. Apa saja yang ada dikerjakan, dan tak pernah pilih-pilih pekerjaan. Pekerjaan sebagai pencuci mobil di sebuah bengkelpun ia lakukan dengan gaji yang saat itu tidak seberapa. Dari satu pekerjaan beralih ke pekerjaan yang lainnya. Begitulah rotasi kehidupan Pak Fauzi. Dari semua pekerjaan tersebut, tidak ada yang benar-benar menghasilkan sesuatu yang berarti. Dari pekerja bengkel beralih ke penjaga gudang di sebuah perusahaan.

Mungkin kita semua akan berpikir “Apa sih yang bisa diharapkan dari seseorang yang hanya lulusan SMP, sedangkan yang sarjana saja kadang hidupnya pas-pasan?” Mungkin sebagian besar akan berpikir seperti itu. Terlebih dunia ibu kota yang keras dan penuh kompetisi, serasa tidak menyisakan ruang yang kecil buat Pak Fauzi.

Namun, siapapun boleh bermimpi bukan, karena mimpi itu gratis. Terlebih, tidak ada sesuatu yang tidak mungkin di dunia ini. Siapapun pasti bisa berhasil bila bersungguh-sungguh. Begitu pula Pak Fauzi. Sekalipun saat itu beliau hanya sebagai satpam perusahaan, namun beliau tak pernah berkecil hati terlebih gengsi. Beliau memiliki mimpi bahwa suatu ketika beliau akan menjadi “seseorang”.

Berbekal uang simpanannya, Pak Fauzi kemudian resign dari pekerjaannya sebagai satpam. Uang tersebut dipergunakan pak Fauzi untuk membeli tanah dan membangun rumah di daerah Jakarta Selatan. Tentu dengan modal yang tidak banyak tersebut, rumah yang dibangun Pak Fauzi sangatlah sederhana. Namun lagi-lagi, beliau tak pernah surut untuk bermimpi bahwa suatu ketika beliau akan menjadi seseorang. Padahal saat itu usia beliau sudah tidak muda lagi. Namun itulah, bahwa mimpi itu milik semua orang, tak peduli berapapun usia mereka.

Berkat kegigihan dan keuletannya tersebut, kini Pak Fauzi memiliki perumahan Pesona Khayangan tersebut dengan unit lebih dari 1000. Pak Fauzi telah membuktikan bahwa siapapun dari kalangan manapun bisa berhasil bila bersungguh-sungguh dan ulet.

Referensi:

Ariefiansyah, Miyosi dan Ryan Ariefiansyah. “Strategi Gila Menjadi Manajer Nomor 1”. 2011. Jakarta: Laskar Aksara.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*