Lukis Masa Depanmu, Sekarang!!!

Share tulisan lama 😊

Lukis Masa Depanmu, Sekarang!!!
Miyosi Ariefiansyah
(resensi ini masuk 10 besar lomba resensi di kitareview.com)

Judul Buku: Start Young
Genre: Motivasi
Penulis: Dedy Dahlan
Penerbit: Grasindo
Cetakan Pertama: Juli 2009
Bahasa: Indonesia
Tebal Buku: 140 Halaman
Dimensi Buku (P X L): 15 x 23 cm
No. ISBN: 978- 979- 02- 5765- 8
Harga: 27.000 (Gramedia)

Hidup itu ibarat melakukan perjalanan panjang untuk menggapai suatu tujuan. Yah, kita tentunya memiliki tujuan. Ke manakah tujuan hidup kita. Jawabannya satu, yaitu untuk menggapai pintu gerbang kesuksesan, baik itu kesuksesan dunia akhirat- jasmani maupun rohani.

Karena hidup adalah sebuah perjalanan, maka setiap orang yang melakukan perjalanan disebut dengan petualang, termasuk kita. Sebagai seorang petualang, banyak hal yang harus kita persiapkan. Mulai dari hal-hal yang dianggap berat dan penting sampai dengan hal-hal yang dianggap ringan atau tidak terlalu penting.

Paradigma yang beredar di masyarakat pada umumnya adalah bahwa kesuksesan itu bisa diraih pada saat kita sudah berusia senja. Padahal kesuksesan bisa diraih sejak usia muda bila kita bisa mempersiapkannya dengan baik.

Dan di buku inilah kita bisa mengetahui rahasia sukses di usia muda.

Kesuksesan adalah hak semua orang. Kesuksesan bisa diraih di usia dini.

Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Kebanyakan dari kita, terutama yang berusia muda, umumnya masih belum sadar betul dan belum memiliki kecakapan hidup tentang bagamaina menjadi seorang yang berperilaku sukses. Kegagalan seseorang dalam meraih tujuan hidup pada umumnya bukanlah karena kemampuannya yang kurang, namun karena kurangnya persiapan. Ibarat seorang anak sekolah yang akan menghadapi ujian akhir nasional. Bila anak tersebut bersikap ceroboh dengan tidak belajar, maka bisa ditebak apa yang akan terjadi, sepintar apapun siswa tersebut bila persiapan kurang maka tidak akan artinya.

Begitu pula sebaliknya, seorang siswa yang mungkin dari segi akademis terlihat biasa saja, namun memiliki persiapan yang maksimal, maka bisa jadi ialah yang akan meraih nilai tertinggi dalam ujian nasional.

Oleh sebab itu bisa dikatakan bahwa perbedaan antara manusia yang gagal dan sukses adalah terletak dari persiapannya.

Sampul buku ini adalah daun berwarna hijau, yang itu menandakan bahwa sedari muda kita harus mempersiapkan lahan yang cukup untuk menanam benih kesuksesan kita. Tidak perlu menunggu hingga tua karena kesuksesan bisa diraih saat muda.

Sedikit bocoran dari buku ini mengatakan bahwa sebagian besar dari kita yang dalam buku ini dispesifikkan dengan mahasiswa, terlalu enjoy dengan status dan kegiatannya selama menjadi mahasiswa. Akibatnya pada saat mereka sudah lulus mereka tidak tahu apa yang harus mereka lakukan.

Kurangnya persiapan ketika masih berstatus mahasiswa menyebabkan mereka tidak terbiasa dengan kerasnya hidup di dunia yang sebenarnya. bisa dikatakan bahwa dunia mahasiswa adalah dunia mimpi yang penuh dengan imajinasi. Semua serba teratur, mulai dari dosen, mata kuliah, hingga kegiatan kemahasiswaan. Semua serba terjadwal dan teratur. Padahal di dunia yang sebenarnya tidak lah seperti itu. banyak sekali hal-hal non teknis yang terjadi begitu saja di lapangan, yang untuk memecahkannya tidak hanya memerlukan kecerdasan akademis saja namun juga non akademis. Hal itulah yang biasanya tidak diajarkan di tempat kuliah dan harus dicari sendiri di luar tempat kuliah.

Buku ini menerangkan secara spesifik, bahwa setiap manusia akan melalui beberapa tahap dalam kehidupannya. Secara singkat bisa dijelaskan sebagai berikut: tahap pembentukan, tahap pembelajaran, dan tahap persiapan.

Tahap pembentukan adalah tahap di mana manusia masih belum mengerti akan peraturan hidup. Tahap ini dialami ketika kita baru saja terlahir di dunia. Ibaratnya kertas putih yang masih bersih yang belum ternoda. Segala macam hal akan diajarkan oleh orang yang lebih dahulu lahir sebelum kita, yang dalam hal ini adalah orang tua.

Tahap pembelajaran adalah tahap dimana kita mulai menginjak bangku sekolah. Dalam tahap ini kita mulai mengenal sedikit tentang makna kehidupan. Tahap ini terjadi ketika kita menginjak bangku SD- SMA.

Tahap persiapan adalah tahap terakhir sebelum kita mulai berpetualang dalam rimba kehidupan yang sebenarnya. Tahap persiapan ini terjadi ketika kita menginjak bangku kuliah.

Dari ketiga tahapan tersebut yang paling menentukan kesuksesan kita adalah tahap persiapan, seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Buku ini juga disertai dengan kompas kehidupan atau beberapa arahan yang akan membantu kaum muda yang dalam hal ini mahasiswa dalam berpetualang tuk menggapai mimpinya menuju kesuksesan. Adanya kompas kehidupan membuat jalan kita menjadi tidak tersesat. Kitapun tahu arah yang benar yang harus kita lalui.

Dalam bagian kompas kehidupan dijelaskan bahwa beberapa hal yang harus diperhatikan oleh mahasiswa sebagai kaum muda yang mandiri adalah:

1. akademis => setiap mahasiswa harus mengerti materi kuliah yang sedang ia pelajari
2. hubungan pertemanan/ relasi => apa artinya kepandaian bila hubungan sosial yang terbina sangat buruk. 9 daro 10 orang yang sukses biasanya memiliki hubungan sosial yang bagus.
3. hobby ==> hobby bisa juga dijadikan sebagai lahan untuk mengais rizki bila ditekuni dengan baik

dan beberapa hal yang tidak kalah pentingnya.

Kompas kehidupan tersebut adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa sebelum terjun dalam dunia yang sebenarnya.

Buku ini memberikan amanah dan pesan moral kepada mahasiswa agar menyiapkan diri sedini mungkin untuk menghadapi dunia yang beragam persoalan ini, karena sesungguhnya kehidupan di luar sana sungguh jauh berbeda dengan kehidupan di dalam kampus.

Buku ini wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa yang ingin sukses di usia muda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*