Writer’s Block: Penyebab dan Solusinya

Writer’s block kerap dialami oleh penulis. Namanya aja writer’s block. Padahal, inti writer’s block itu sama dengan gak tahu lagi mesti ngapain alias buntuu dan itu bisa terjadi di semua profesi tanpa terkecuali.

Sebelum berbicara cara mengatasi writer’s block, pertama kita harus tahu dulu apa sebab-sebab WB? Tiap penulis beda, tapi secara umum biasanya ini:

1. Tidak punya perencanaan

It means kurang menguasai medan pertempuran
Seperti halnya ketika kita tersesat. Kenapa? Salah satunya karena enggak tahu arah dan tujuan yang pasti. Pun dengan menulis. Biasanya, yang sering ngalamin WB adalah penulis yang menerapkan prinsip ngalir. Ya udahlah kalau pas mood A ya nulis A, pas B ya nulis B, dst. Sehingga, tulisan tadi tidak ada intinya. Bahas apa juga yang nulis nggak ngeh

2. Kurang fokus, mudah tergoda hingga pada akhirnya enggak ada yang matang dan selesai

Semisal ingin nulis tentang kecantikan, motivasi, parenting, anak, novel, bisnis. Semuaaa ingin ditulis. Bisa dan boleh-boleh aja sih, tapi konsekuensiny ya butuh tenaga ekstra dibanding mereka yang udah fokus ke satu hal sejak awal. Jika tidak, maka jangan salahkan jika tulisannya hanya bersifat wilayah permukaan aja (enggak terlalu dalam) dan muter-muter di situ-situ aja.

3. Bosan

Cara mengatasi writer’s block?

1. Bikin perencanaan, dalam hal ini outline

Konon, perencanaan yang matang adalah separuh keberhasilan. Perencanaan yang matang bisa menghemat waktu dan membantu langkah kita mau ke mana.

2. Fokus
Sadari bahwa daya kita terbatas. Segera pilih atau gak dapat semua.

3. Mengatasi bosan?
a. Melakukan hal-hal gak biasa yang positif
b. Nonton yang ada hubungannya dengan tema tulisan
c. Ngobrol dengan ahli
d. Dll

(Pernah disampaikan di kelas online)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*