Inspirasi Menulis dari film Kungfu Panda

Saya termasuk salah satu orang yang suka dengan film Kungfu Panda. Dan ternyata, ada hal yang bisa kita pelajari dari film tsb yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam dunia menulis. Apa itu?

Kungfu Panda 1: poinnya adalah tentang tidak ada resep rahasia.
Pun dalam menulis, tidak ada resep rahasia gimana caranya tulisan bisa terbit selain memulai nulis. Sesederhana itu. 😊

Kungfu Panda 2: tentang inner peace. Hubungannya sama nulis? Writing is self healing. Kalau pun tidak ingin menerbitkan buku atau tulisan-tulisan pendek seperti artikel dan cerpen, menulis mampu menjadi obat bagi jiwa yang sedang galau. Salah satu buktiny adalah saat Pak Habibie hampir “gila” karena kehilangan Bu Ainun untuk selama-lamanya dan beliau kemudian disarankan ahli kejiwaan untuk menulis, seperti yang saya baca di salah satu buku tentang beliau. Menulis, terapi jiwa.

Kungfu Panda 3: tentang jadi diri sendiri. Dalam menulis, biasany kita punya role model. Boleh-boleh aj, tapi tetap aja harus jadi diri sendiri. Terinspirasi, silakan. Jadi copycat, jangan. Mungkin teman kita cocok menulis novel romance, tapi kita cocoknya nonfiksi atau novel sangar. Find your own style in writing. 😊

Sedangkan hal yang bisa dipelajari dari KP 1 2 3 secara keseluruhan adalah bahwa dalam menulis kita bisa memulai dari pesan moral dulu. Hikmah atau pelajaran berharga yang ingin kita sampaikan itu tentang apa. Dari pesan moral tsb, kemudian kita kembangkan jadi cerita.

(Pernah disampaikan di kelas online)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*